Mengatasi Flu Dengan Semangkuk Sup Ayam

Wabah Flu yang sangat menular di negeri empat musim kala musim dingin sedang mencapai puncaknya. Pada saat suhu sedang amat dingin, kegiatan lebih banyak dilakukan di ruangan tertutup. orang sakit pun berkumpul dengan orang sehat sehingga mudah tertular virus. Penularan ini bisa terjadi lewat virus yang menempel di pegangan pintu, gagang telepon, dan tentu saja lewat bersin atau batuk yang tidak ditutup. Saat menghadapi musim dingin dan flu, orang Barat melindungi dirinya dengan mendapatkan vaksin antiflu. Bila tubuh sudah telanjur terkena flu, secara turun temurun mereka mengonsumsi sup ayam untuk meringankan keluhan penyakit tersebut. Buat orang dari belahan dunia Barat, segala sesuatu harus dibuktikan dulu lewat penelitian ilmiah sebelum mempercayai khasiatnya. Demikian juga pada khasiat sup ayam dalam mengatasi ketidaknyamanan flu saat musim dingin tiba.

Dr. Stephen Rennard, peneliti dari University of Nebraska, Amerika Serikat, pernah meneliti sup ayam dalam membantu mekanisme pertahanan paru-paru. la meneliti sup ayam bikinan istrinya yang dibuat dari resep turun temurun nenek moyangnya. Dr. Rennard meneliti dampak sup pada neutrofil, sel-sel darah putih yang menstimulasi pengeluaran lendir. Penelitian soal sup ayam itu diterbitkan dalam jurnal kedokteran Chest. Dr. Rennard dan timnya menemukan bahwa isi yang terkandung dalam sup ayam terbukti menghambat pergerakan neutrofil. Dengan kata lain, sup ayam memang memicu reaksi perlawanan terhadap flu dan pilek. Tidak heran, sup ayam mampu menyembuhkan flu dan pilek. Pasalnya, isi sup ayam terdiri dari bahan-bahan yang dibutuhkan oleh orang sakit. Bahannya berupa sayuran kaya nutrisi seperti bawang, wortel, seledri, kentang, dan tentunya potongan daging ayam dan kaldu ayam. Selain itu, Sup ayam juga digunakan masyarakat Cina di rumah sebagai obat untuk menyembuhkan flu dan pilek. Kuah kaldu ayam beruap dan penuh gizi punya kandungan yang ampuh untuk melawan virus. Kuah panas bermanfaat membuka sumbatan hidung mampet, sedangkan bumbu jahe, bawang putih, dan bawang merah punya khasiat antivirus.

Cara Menyembuhkan Flu?

Sebenarnya, kita bisa menyembuhkan flu sendiri di rumah. Kebanyakan orang akan memilih beristirahat, minum banyak air putih, makan dengan sehat, dan minum obat untuk menurunkan demam. Jika Anda ke dokter, Anda mungkin memang akan diberi obat yang dapat meringankan gejala flu. Namun anda harus mengonsumsinya dalam 2 hari pertama selama gejala tersebut berlangsung. Anda juga bisa mencegah flu dengan mendapatkan vaksin flu setiap tahun. Waktu terbaik untuk mendapatkan vaksin ini adalah pada bulan Oktober dan November, sebelum musim flu mulai. Siapa pun bisa mendapatkan vaksin ini, khususnya untuk orang-orang yang mempunyai risiko lebih tinggi terkena flu. Contohnya, anak-anak usia 6 bulan sampai 4 tahun, orang berusia di atas 50 tahun, orang dewasa dan anak-anak yang memiliki masalah kesehatan jangka panjang atau gangguan sistem kekebalan, dan wanita yang hamil pada musim flu.

Ada Beberapa Jurus Mencegah Flu

Jangan anggap enteng flu. Khusus bagi yang sudah berusia lanjut, serangan flu umumnya lebih berat dibanding bila menimpa mereka yang lebih muda. Selain karena sistem kekebalan tubuh mereka yang memasuki usia uzur sudah kian menurun, tipe virus flu yang masuk ke dalam tubuh juga belum tentu sama. Di bawah ini beberapa tip bagaimana agar flu yang mengancam di musim hujan ini tidak sampai menimpa kita. Apa sajakah yang perlu dikerjakan?

– Minta Vaksin Flu

Dari waktu ke waktu vaksin flu disempurnakan dengan kandungan jenis-jenis vaksin oleh tipe virus flu yang tengah menimbulkan wabah. Namun, selain berbeda tipe virusnya. Belum lagi kemungkinan virusnya berubah tabiat (menular), sehingga sebuah vaksin menjadi tak lagi poten menangkalnya.

– Jauhi Diri Dari Dingin

Kita tahu, bibit penyakit virus hanya bisa dilawan dengan mengandalkan daya tahan tubuh. Kalau daya tahan menurun, pertahanan tubuh akan jebol, dan flu atau penyakit oleh virus lainnya berpotensi bakal menjangkiti. Hanya bila pertahanan tubuh kokoh saja, virus yang sudah masuk ke dalam tubuh akan bisa ditumpas dan orang batal jatuh sakit flu. Penyakit flu yang tadinya hanya dihuni oleh virus saja, akibat tubuh dalam kondisi sudah diperlemah oleh serangan virus, bibit penyakit lain akan mudah ikut mendompleng memasuki tubuh. Dengan cara itu, penyakit flu di Indonesia umumnya sering berkepanjangan, dan malah bisa berkomplikasi.

– Memperkuat Tubuh

Selain dengan cara menghangatkan tubuh dengan cara minum yang hangat-hangat, mandi hangat, balur obat gosok, pilih pula menu bergizi tinggi, khususnya berpotein tinggi telur, susu, daging, tak cukup menu sayur-mayur belaka . Orang Barat biasa menghidangkan sup ayam hangat selama tubuh terpapar di udara dingin. Buat kita dapat memilih minuman penghangat badan minum jahe, bandrek, bajigur, atau sekoteng, khususnya sehabis tubuh mandi, berenang dingin, wisata di pantai.

– Kurangi Rokok dan Alkohol

Merokok ”melukai” selaput lendir saluran napas, sehingga menjadikan saluran napas lebih rentan dimasuki virus. Ruangan yang berasap rokok, memperlemah kondisi saluran napas orang-orang yang menghirupnya juga.

– Cukup Tidur dan Tidak Banyak Begadang

Salah satu ancaman penyakit yang banyak menimpa orang sekarang sering sebab kekurangan waktu jeda. Sudah letih di kesibukan siang hari, malamnya sering kurang waktu tidur. Alih-alih sempat tidur siang, tidur malam juga sering tak memadai. Kondisi kurang jeda, kurang tidur, dan tidur pun tidak nyenyak, yang menambah rentan tubuh diserang virus umumnya, virus flu khususnya. Namun, obat warung tidak kuasa menahan laju perjalanan penyakit flu bila sudah telanjur berat. Lendir yang semula bening encer sudah berubah kental berwarna, itu berarti flu sudah ditunggangi oleh bibit penyakit lain. Inilah waktunya obat flu perlu didampingi oleh antibiotika.

 

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s